Tuesday, February 9, 2016

NAMA - NAMA HARI DALAM BAHASA DAYAK


Didalam kehidupan kita tidak pernah lepas dari yang namanya hari dan tanggal, karena kita selalu melewati setiap harinya dengan tanggal-tanggal yang berbeda.
Nah, mungkin barang kali banyak yang belum mengetahui bahwa dikalangan suku dayak juga terdapat penyebutan nama-nama hari yang didalam penyebutannya menggunakan bahasa Dayak.
Salah satu yang dapat kita lihat adalah penyebutan nama – nama hari pada kalangan suku Dayak Tunjung. Salah satu sub suku Dayak yang mendiami wilayah kabupaten Kutai Barat. Suku Dayak Tunjung merupakan salah satu suku yang cukup berperan penting dalam pembangunan di Kabupaten Kutai barat bersama Suku-Suku Dayak lainnya seperti Kenyah, Benuaq, Bahau dan lain-lain.
Dikalangan masyarakat modern mungkin penyebutan nama-nama hari ini masih terdengar asing karena memang kita tidak pernah membiasakan diri untuk menyebutnya dalam bahasa dayak.
Adapun Nama-nama hari dalam bahasa Dayak Tunjung adalah sebagai berikut:
SENIN : MULAAQ
SELASA : AMEEQ
RABU : IRIINGK
KAMIS : AKUI
JUMAT : MAET
SABTU : ANTAAKNG
MINGGU : RADUUQ

Saya tidak begitu mengetahui apapakh penggunaan bahasa ini juga digunakan dalam bahasa Dayak Benuaq, karena seperti yang kita ketahui bahwa kedua suku ini memiliki kedekatan.

No comments:

Post a Comment

Jenis Tulisan Yang paling kamu Suka??