Friday, February 5, 2016

Jangan ngaku anak 80an dan 90an kalo tidak pernah memainkan permainan ini

 Hasil gambar untuk permainan masa kecil
Siapa sih yang tidak pernah merasakan indahnya ketika masih menjadi anak-anak????
yaa masa kanak kanak adalah masa dimana kita bertumbuh dan masa yang paling menyenangkan karena selama masa itu tidak ada permasalahan hidup yang kita pikirkan. kita hanya memikirkan bagaimana bisa bertemu dengan teman-teman sebaya hanya untuk sekedar bermain bersama. hehehehe
dibawah ini ada beberapa permainan yang mungkin bisa mengingatkan kamu untuk kembali ke masa masa kecilmu dulu.

1. CIP CIP PAN
cip cip pan tugasnya ngejar maling....... hahhahahaha ini adalah lagu yang harus dinyanyikan ketika kita ingin memulai permaianan ini. Siapa saja yang ditunjuk terakhir kalinya dialah yang bertugas untuk mengejar dan menangkap lawan dan kemudian orang yang ditangkap tersebut akan menjadi teman si kalah untuk menangkap yang lainnya.

2. ASEN BULAT DAN ASEN KABAT PAT
Hasil gambar untuk permainan masa kecilsumber foto
permainan ini terdiri dari dua macam yaitu asen kabat pat dan asen bulat. permainan ini cukup banyak digemari oleh anak anak tetapi siap-siap saja pulang kerumah dimarahin sama orang tua karena bisanya baju kita akan mudah robek karena salah satu syarat permainan ini adalah menanggap orang yang ingin melewati garis yang sudah ditentukan.

3. KABAT
Hasil gambar untuk permainan masa kecilSumber Foto
main kabat, umumnya para gadis lah yang suka memainkan permainan ini walaupun ada banyak juga anak anak pria yang ikut memainkannya. cara memainkannya adalah dengan cara menggambar pola yang sudah ditentukan di tanah kemudian menggunakan pecahan kaca / genteng kita sudah bisa memainkan permainan ini.

4. TUMBUK
Permainan ini adalah permaian yang sangat sederhana. kita hanya menyiapkan bola kasti / tenis sebagai alat lemparnya dan bagi yang kalah harus bisa mengenai pemain lain sedangkan pemain lain berlari sejauh mungkin biasanya sih mengelilingi sebuah rumah.

5. CINA BOY
Hasil gambar untuk permainan cinaboysumber foto
entah mengapa permainan ini disebut cina boy, atau mungkin permainan ini berasal dari cina??? hahahaha bukan... permainan ini juga menggunakan bola kasti sebagai alat pelemparnya tetapi yang dilempar adalah susunan kaleng-kaleng yang sudah disusun sedemikian rupa. si kalah harus bisa menjaga agar kaleng yang sudah hancur ini tidak bisa tersusun kembali sedangkan yang pemain lain harus berusaha bagaimana caranya agar mereka bisa menyusun kaleng itu seperti sedia kala tanpa mengenai lemparan bola dari si kalah.

6. SEGITIGA
 permainan ini hampir sama dengan permaiann cina boy, hanya saja alat alat yang digunakan adalah kayu. 3 buah kayu disusn menjadi bentuk segitiga. Si kalah harus menjaga agar kayu ini tidak dihancurkan oleh pemain lain, sedangkan pemain lain bersembunyi entah dimana dan jangan sampai terlihat oleh yang kalah. karena apabila terlihat sama yang kalah makan akan gugur.

7. SEMBUNYI-SEMBUNYIAN
Hasil gambar untuk permainan masa kecilsumber foto
sembunyi-sembunyian juga adalah permainan yang cukup popoler dimasa kecil. permainan ini gampang saja. tinggal memilih siapa yang kalah dan bertugas untuk menutup mata kemudian tugasnya adalah mencari pemain lain yang bersembunyi entah dimana saja.

8. PATUK LELE
Hasil gambar untuk permainan masa kecil
PAtuk Lele

permainan yang cukup unik karena permainan ini membutuhkan keahlian khusus seperti memukul kayu yang cukup pendek

9. LOMPAT TALI
Hasil gambar untuk permainan masa kecilsumber foto
lompat tali adalah permainan olahraga. biasanya anak anak menggunakan karet gelang yang disambungkan hingga mencapai 2-3 meter kemudian dua orang memegang ujung tali dan memutar-mutarkan tali tersebut segangkan satu atau beberapa anak akan berusaha melompati tali yang diputar tersebut dan jangan sampai menyentuh / terlilit tali

10. TEPUK NYAMUK
tepuk nyamuk adalah permainan yang sangat sederhana. modanyanya hanya tangan saja. bisasanya permainan ini dimainkan didalam rumah bagi anak-anak yang tidak diperbolehkan keluar olah para orang tua. hehehehe

11. MAIN WAYANG
wayang adalah kertas bergambar, biasanya gambar tokoh kartun, super hero, hewan dan lain sebagainya.

12. BEPEAN
Hasil gambar untuk permainan masa kecilsumber foto
permainan para gadis-gadis. permainan ini biasanya menggunakan tokoh kartun yang cantik jelita terbuat dari karton kecil, biasanya juga mereka membuat rumah-rumahan dari tanah

13. MAIN KELERENG
Hasil gambar untuk permainan masa kecilsumber foto
main kelereng, belum lengkap rasanya kalo pada saat berjalan tidak terdengar bunyi krincing-kringcing dari dalam kantung. untuk jenis permainannya ada banyak jenis tergantung dari daerah masing-masing.

ini ini adalah salah sedikit dari salah banyak permainan yang pernah melegenda dimasa kecil kita. kenangan -kenangan indah yang tidak akan pernah bisa terulang kembali ketika kita sudah beranjak tua... hahhahaah
mungkin kalian bisa sebutkan permainan yang ada didaerah kalian???????

No comments:

Post a Comment

Jenis Tulisan Yang paling kamu Suka??