Thursday, December 17, 2015

6 Hal Yang Bisa Kita Banggakan sebagai Warga Kutai Barat

1. Sebagai 10 besar kabupaten terkaya
Yaaaa bisa kita lihat kalao kkabupaten kutai barat masuk dalam 10 kabupaten terkaya dengan pendapatan ke 7 terbesar di Indonesia. maka kita patut berbangga dengan apa yang kita miliki.

2. Simbol keragaman umat beragama


Kabupaten kutai barat juga diberikan penggargaan oleh rekor MURI atas keberhasilan dalam pembangunan 3 bangunan khusus untuk setiap agama mayuritas di kutai barat yaitu Christian Center, Islamic Center dan Katolik Center.

3.Simbol Pemersatu Kebudayaan
hal ini dibuktikan dengan pembangunan Taman Budaya Sendawar yang merupakan simbol perkembangan pusat kebudayaan yang dimiliki Kutai BArat. tempat yang sering disebut oleh masyarakat dengan sebutan TBS ini memiliki 6 bangunan utama yang menyimbolkan setiap suku yang ada di kutai barat yaitu suku tunjung, suku benuaq, suku bahau, suku aoheng, suku kenyah dan suku melayu.

4.Kaya Akan seni ukir
keberagaman seni ukir ini terlihat dari setiap sub suku dayak yang ada di kutai barat dimana setiap sub suku dayak ini mempunyai ciri ciri khas ukiran yang berbeda-beda setiap sukunya.

5. Kota Seribu Wisata
kutai barat juga terkenal dengan banyaknya wisata baik wisata alam maupun wisata budaya.
Wisata alam yang terkenal adalah banyaknya jantur-jantur (air terjun) yang tersebar hampir diseluruh pelosok kabupaten. adapun jantur yang terkenal adala jantur inar, jantur mapan, jantur gemuruh, jantur geronggong, jantur manarung, jantur atai dan masih banyak lagi.
 Sedangkan wisata alam berupa danau adalah danau jempang, danau semayang, danau aco.
Selain itu juga ada wisata budaya yang cukup terkenal adalah acara-acaara adat seperti potong kerbau, nalint taont, ngugu taont, dahau sentawar, erau, dange dll.

6. Keragaman Suku Bangsa
tarian massal Ultah Kubar ke-14 (Copy)
Sumber Foto

Kutai barat juga terkenal dengan keanekaragaman suku bangsa yang tersebar di pelosok kota. Sebut saja suku tunjung, benuaq, kenyah, bahau, kayan, jawa, bugis, jawa, manado, batak dan masih banyak lagi.

ini hanya beberapa yang bisa kita lihat, mungkin setiap dari teman2 memiliki kebanggaan tersendiri yang patut kita pertahankan....

Baca juga :
Pembagian Kelompok Besar Suku Dayak di Kalimantan

Kebudayaan Dayak (Dayak Tunjung)

5 Hal yang Membuat Kamu Bangga Sebagai Orang Tunjung / Tonyooi

Asal Mula Munculnya Upacara Kematian Suku Dayak Tunjung

UPACARA KEMATIAN SUKU DAYAK TUNJUNG TOHOOQ-KWANGKAI

Dayak Tunjung Rentenukng VS Dayak Penihing/Aoheng, Saudara yang terpisah??????

 

 

 

 

 

1 comment:

Jenis Tulisan Yang paling kamu Suka??