Friday, September 13, 2013

Taman Adat Sendawar

Taman Adat Sendawar
Taman Adat Sendawar
HEmmmm…… akhirnya pada awal tahun baru 2012 aku kesampaian juga memasuki sebuah Taman yang direncanakan untuk menarik Wisatawan untuk datang berkunjung ke Kutai Barat. Taman ini terletak di wilayah Kec. Barong Tongkok, KAb. Kutai Barat. Taman yang luasnya kira2 5hektar (perkiraan aku aja sih) ini dibangun beberapa buah lamin (Rumah adat suku Dayak Kutai Barat) dimana setiap Laminnya mencerminkan Setiap Sub Suku Dayak yang ada di Kutai Barat seperti Dayak Tunjung, Dayak Benuaq, Dayak Bahau, Dayak Aoehng, Dayak Kenyah… Selamin itu juga dibangun Rumah adat Suku Kutai.
Taman ini diberi nama TAMAN ADAT SENDAWAR. Yups..Sendawar merupakan nama Ibukota Kabupaten Kutai Barat. Harapan kedepan, Semoga Taman Adat Sendawar ini dapat menarik Wisatawan baik baik dalam dan luar daerah.
Konsep yang diambil ini menurut pandangan saya adalah menyerupai Taman Mini yg ada di Jakarta dimana ditempat tersebut dibangun Rumah-rumah adat disetiap Provinsi yang ada di Indonesia, bedanya kalo Taman ini mencerminkan setiap Suku-Suku Dayak Kutai Barat. Setiap Rumah Adat masing-masing Suku Dayak memiliki keunikannya tersendiri. Secara umum bentuk bangunannya sama persis, namun yang membedakan adalah ukiran-ukiran yang menghiasi setiap bangunan Lamin tersebut. Lihat gambar dibawah ini:
Ukiran Dayak Kubar
Ukiran Dayak Kubar
Setiap Sub Suku Dayak memiliki ukiran/motifnya tersendiri, namun secara umum hampir sama yaitu Berupa lengkungan-lengkungan yang ditambahi dengan Hewan ata benda tertentu yang memiliki artinya. (Jangan tanya artinya, karena saya juga kurang mengerti..hehehhe)
Kita mulai dengan Rumah Adat yang Pertama.
1. Rumah Adat Suku Dayak Tunjung
Lamin Tonyooi / Tunjung
Lamin Tonyooi / Tunjung
Lamin Tunjung
Lamin Tunjung
Ukiran yang terdapat pada bagian atas Rumah Adat Suku Dayak Tunjung
ini adalah salah satu kekhasan Rumah Adat Suku Daya Tunjung dimana Hewan yang ditampilkan adalah Macan Dahan dengan ukiran-ukiran khas Suku Dayak Tunjung. Ada Juga Heman lain yang seperti Naga, Burung Enggang... itu juga merupakan salah satu Heman Kebanggan Suku Dayak.
Ukiran Dayak Tunjung
2. Rumah Adat Suku Dayak Benuaq
Lamin Benuaq
Lamin Benuaq
Lamin Benuaq
Lamin Benuaq
Motif yang terdapat di bagian atas Ruma Adat Suku Dayak Tunjung
ini adalah salah saku kekhasan dari Rumah Adat Suku Dayak Benuaq dimana hewan yang ditampilkan adalah Hewan Naga.

Banguna tampak dari samping....
3. Rumah Adat Suku Dayak Bahau
Lamin Bahau
Lamin Bahau
Lamin Bahau
Lamin Bahau
Kekhasan Rumah Adat Suku Dayak Bahau

4. Rumah Adat Suku Dayak Aoeheng
Lamin Aoheng
Lamin Aoheng
Lamin Aoheng
Lamin Aoheng
kekhasan Rumah Adat Suku Aoheng....

5. Rumah Adat Suku Dayak Kenyah
Lamin Kenyah
Lamin Kenyah
Lamin Kenyah
Lamin Kenyah
Kekhasan Rumah adat Suku Dayak Kenyah

6. Rumah Adat Kutai (Melayu)
Lamin Melayu
Lamin Melayu
Lamin Melayu
Lamin Melayu
Nahhh... itu dia Sekilas gambaran Konsep bangunan ini. Maaf kalo ada gambar yang tidak lengkap.hehehehhe... kalo teman-teman ingin lebih jelas lagi silahkan berkunjung. (Tapi untuk sekarang belum dibuka, soalnya Taman Adat ini masih dalam tahap penyelesaian).
Diharapkan dengan adanya Taman Adat ini bisa menarik para wisatawan lokal maupun non lokal dan memajukan Dunia Pariwisata yang ada di Kutai Barat.
Gambar Tambahan:

Bangunan-bangunan

[polldaddy poll=5901467]
[polldaddy poll=5667626]
[polldaddy poll=2688722]

No comments:

Post a Comment

Jenis Tulisan Yang paling kamu Suka??