Tuesday, January 26, 2016

PENINGGALAN SEJARAH KERAJAAN HINDU-BUDHA DI INDONESIA



PENINGGALAN SEJARAH KERAJAAN HINDU-BUDHA DI INDONESIA
Masuknya pengaruh kebudayaan Hindu-Budha ke Indonesia secara langsung membawa banyak perubahan bagi masyarakat lampau. Pengaruh kebudayaan ini banyak mempengaruhi pola hidup masyarakat bahtan tatanan social sebelum masuknya pengaruh ini ke dalam masyarakat Indonesia. Adapun pengaruh yang cukup signifikan dapat kita lihat pada:


  1. 1.       Bidang Keagamaan : dalam bidang keagamaan perubahan yang cukup jelas terlihat adalah dimana banyaknya masyarakat yang pada awalnya menganut Animisme dan Dinamisme kemudia beralih keyakinan menjadi penganut Agama Hindu-Budha. Hal ini juga tidak lepa dari peran pemimpin karena pada jaman dahulu, masyarakat akan mengikuti apa yang diikuti oleh pemimpinnya begitu juga dalam hal keagamaan. Bahkan pengaruh ini masih dapat kita lihat sampai sekarang dimana masyarakat bali masih banyak yang menganut agama Hindu.
  2. 2.       Bidang Politik dan Pemerintahan : dalam bidang politik dan pemerintahan ini juga banyak terpengaruhi dengan budaya Hindu-Budha ini. Sebelum masuknya pengaruh kebudayaan Hindu-Budha, corak pemerintahan masyarakat awal belum mengenal kerajaan. Seorang pemimpin disebut Kepala Suku sedangkan setelah mengenal kebudayaan Hindu-Budha, masuklah corak kepemerintahan berupa Kerajaan yang diperintah langsung oleh seorang raja.
  3. 3.       Bidang Sastra dan Bahasa : Perubahan dalam bidang bahasa dan sastra adalah digunakannya tulisan dan huruf sansekerta yang digunakan oleh masyarakat Jawa sampai pada saat ini. Ada banyak karya saastra peninggalan kebudayaan ini seperti Arjunawiwaha, Bharatayudha, Gatotkacasraya dll.
  4. 4.       Bidang Seni Bangunan : dalam bidang seni dan bangunan adalah terlihat jelas pada peninggalan-peninggalan sejarah yang pada masa kini menjadi tujuan wisata yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Ada banyak peninggalan candi-candi yang tersebar diwilayah pulau jawa namun yang paling terkenal adalah kedua candi ini.
  5. 5.       Bidang Pendidikan : Dalam bidang pendidikan, yang paling terlihat jelas hingga sekarang adalah Asrama. Sistem pendidikan berupa asrama ini sudah dikenal sejak jaman Hindu-Budha

No comments:

Post a Comment

Jenis Tulisan Yang paling kamu Suka??