Thursday, December 17, 2015

7 Hal yang bisa di banggakan oleh warga kutai barat

1. Simbol Pemersatu keberagaman Agama
Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui bahwa pemerintah memiliki program membangun Religion Center yaitu Islam Center, Christian Center dan Khatolik Center. Ketiga pusat keagaaman ini sudah hampir selesai pembangunnannya hanya menunggu peresmiannya saja. Hal yang bisa kita banggakan adalah pembangunan ketiga pusat keagamaan ini mendapat penghargaaan dari rekor MURI. Sudah sepatunya kita yang tinggal di Kabupaten Kutai Barat ini tetap menjaga keberagaman agama yang ada di Kabupaten Kita Tercinta ini.

2. Simbol Pemersatu Kebudayaan
Simbol pemersatu kebudayaaan juga tercermin dari pembangunan Taman Budaya Sendawar atau yang sering di singkat TBS. kebanggaan utama dari TBS ini adalah adanya 6 Rumah Adat setiap etnis yang mendiami Kutai Barat seperti Etnis Tunjung, Etnis Benuaq, Etnis Bahau, Etnis Aoheng, Etnis Kenyah dan Etnis Melayu. Dengan adanya keberagaman etnis yang dimiliki Kubar, sehingga pemerintah membangun sebuah bangunan yang bisa kita sebut Kubar mini. Di dalam TBS ini juga sering diadakan kegiatan-kegiatan baik kegiatan formal maupun non formal.

3. Kota Seribu Etnis

Yahh, walaupun terdengar sedikit lebay, tetapi jika kita rincikan dikutai barat sekarang sudah beragam etnis yang tinggal diwilayah ini baik yang mayoritas maupun minoritas. Sebut saja Dayak (tunjung, benuaq, bahau, kenyah, aoheng, penihing, kayan, dan lain-lain beserta puluhan sub sub suku yang mewakili setiap sub dayaknya), Jawa, Sunda, Bugis, Toraja, Kutai, Banjar, Manado, Bali, Madura dan lain sebagainya. Maka tidak salah jika kita menyebut kutai barat sebagai kota seribu etnis hhehehehehhe

4. Kota Seribu Jantur
Mungkin yang berasal dari luar kubar masih sedikit asing dengan istilah jantur. Jantur merupakan sebutan untuk Air Terjun oleh warga kutai barat. Yaa... di kutai barat ini sangat bangat terdapat jantur-jantur yang tersebar di belahan bumi kubar dari utara sampai ke selatan dan barat sampai ketimur. Contohnya jantur atai, jantur mencangkau, jantur mapan, jantur tabalas, jantur gemuruh, jantur manarung, jantur inar, jantur geronggong, jantur delapan tingkat dan masih banyak jantur-jantur lain yang belum memiliki akses menuju kearahnya. 

5. Kota Seribu Danau
Bukan hanya jantur, kutai barat juga dianugerahi dengan banyaknya danau-danau yang menjadi tujuan objek wisata andalan di kutai barat seperti danau aco, danau biru (pesuuq), danau beluq, danau semayang, danau jempang.
6. Kaya Akan Ukiran
 Yaaa, kutai barat kaya akan kerajian seni ukir. mengapa demikian ? hal ini dipengaruhi oleh banyaknya sub etnis yang mendiami kutai barat yang mempunyai ciri khas seni ukir masing-masing dari setiap etnisnya sehingga membuat kubar kaya akan keberagaman ukir.

7. Kaya Akan Tari-Tarian
Bukan hanya ukiran, kutai barat juga memiliki kekayaan berupa tari-tarian. seperti tari gantar, tari gong, tari perang, tari jepen, tari datun dan lain sebagainya.


No comments:

Post a Comment

Jenis Tulisan Yang paling kamu Suka??