Wednesday, December 9, 2015

Desa Budaya, Lung Anai - Kutai Kartanegara

Yeahhh..... Kali ini saya ingin menulis tentang sebuah kampung yang sangat indah dan sangat berbudaya yaitu kampung Lung Anai.
Lung Anai adalah salah satu kampung suku Dayak Kenyah dari sub suku Lepoq Jalan / Umaq Jalan. Hemm jangan heran ya, karena suku dayak itu terbagi dalam banyak suku dan sub suku yang kesemuanya itu tidaklah sama baik dari segi bahasa dan budaya tetapi semuanya digolongkan dalam satu rumpun yaitu rumpun Dayak.
Suku dayak Kenyah Lepoq Jalan adalah salah satu sub suku Dayak Kenyah. Di kampung yang tidak terlalu luas ini dihuni oleh hampir mayoritas suku dayak kenyah.
keunikan dari kampung ini adalah kebudayaannya yang sangat di junjung tinggi. segala macam adat tradisi masih dijaga kuat oleh generasi penerus kampung ini.
Kampung ini juga rutin menggelar acara-acara kebudayaan seperti tari-tarian dan juga upacara-upacara seperti upaca Undat yang dikenal sebagai upacara atas keberhasilan panen...


Diatas merupakan lamin yang digunakan untuk acara-acara adat maupun untuk menyambut para tamu dan turis yang datang kedaerah ini

Ciri khas yang tidak kalah menarik dari suku dayak kenyah ini adalah ukiran dan lukisan dinding yang sangat penuh makna. Setau saya secara keseluruhan, makna ukiran ini adalah lambang persatuan tetapi untuk makna lebih dalamnya saya belum terlalu paham, mungkin selanjutnya saya akan membahas lebih rinci mengenai makna ini..

Keunggulan lainnya adalah tarian dan busana yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. TArian datun julut biasanya ditampilkan pada saat menerima tamu yang datang, tarian ini ditarikan oleh beberapa gadis-gadis maupun ibu-ibu dari 6-12 orang atau lebih banyak. ada juga tarian yang disebut tari perang, kanjet dan lain-lain.

sekilas mengenai Desa budaya lung anai, apabila ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan. Saya bangga bisa menjadi salah satu bagian dari Desa ini karena nenek saya berasal dari desa ini walaupun dari kecil saya tidak tinggal dan dibesarkan di Desa ini.. Salam Budaya.................





No comments:

Post a Comment

Jenis Tulisan Yang paling kamu Suka??